Jumat, 07 September 2018

Pemenuhan Gizi Seimbang untuk Mendukung Anak Generasi Maju


Anak adalah harta yang sangat berharga bagi setiap orang tua. Bagi orang tua muda yang masih mempunyai anak balita, masalah gizi adalah hal yang paling sering menjadi persoalan. Orang tua harus memikirkan dan mensiasati bagaimana caranya agar gizi si anak terpenuhi. Karena setiap orang tua pasti tahu apa dampak yang dapat ditimbulkan apabila asupan gizi tidak apat terpenuhi.

Dari materi kelas bunda mombassador SGM Eksplor di kota Surabaya beberapa waktu yang lalu, saya membaca bahwa menurut Qonita Rachman, S. Gz., M. Sc. (Nutr & diet) yang juga merupakan dosen Universitas Airlangga, ia memaparkan 3 masalah yang berisiko dihadapi si kecil bila kekurangan gizi:

1) Stunting
Stunting merupakan suatu kondisi dimana tinggi badan seseorang kurang untuk seusianya


Gbr. 1: Stunting (sumber Depkes)

Ini dapat terjadi ketika anak tidak memiliki asupan gizi yang tidak optimal. Jika tidak ditangani dengan baik, anak yang mengalami stunting bisa berisiko memiliki daya tangkap dan IQ yang rendah serta mempengaruhi kepercayaan dirinya.

2) Overweight dan Obesitas
Overweight adalah kondisi berat badan seseorang melebihi berat badan normal pada umumnya, sedangkan obesitas yaitu suatu keadaan dimana terjadi penumpukan lemak tubuh yang berlebih, sehingga berat badannseseorang jauh dibatas normal.

Overweight dan obesitas merupakan masalah kegemukan, berarti ini terjadi ketika asupan nutrisi yang masuk lebih banyak aripada yang dikeluarkan akibat kurangnya aktivitas fisik. Di zaman now ini penggunaan gadget merupakan salah satu penyebab kurangnya aktivitas fisik anak, dan dalam hal ini orangvtua la yang harus berperan aktif dalam mengatur jam penggunaannya terhadap anak dan bahkannorang tua pun harus menjadi contoh yang baik untuk anak anaknya.


Gbr. 2: Tabel IMT( Indeks Massa Tubuh) menurut WHO 2000

Dari tabel di atas kita dapat mengetahui berat badan anak maupun kita suah ideal atau belum.

3) Kurang Mikronutrien
Mikronutrien adalah zat gizi (nutrient) yangvdiperlukan oleh tubuh manusia selama hidupnya alam jumlah yang kecil untuk melakukan aktivitas fisik, yang terdiri dari vitamin dan mineral yang tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh tapi dapat diperoleh dari makanan. Singkatnya mikronutrien itu sedikit tapi penting.
Gbr. 3 : makanan dan minuman yang mengandung nutrient

Kekurangan mikronutrien dapat mengakibatkan anak anemiabkarena kekurangan zat besi, letih lemah dan lesu karena kekurangan zink, mata berawan karena kekurangan vitamin A dan penyakit gondok karena kekurangan yodium.

Ketiga hal di atas adalah masalah dan kita pasti tahu binda, bahwa setiap masalah pasti ada solusinya, asalkan kita mau berusahan dan berdoa, pasti masalah bisa diatasi.

Solusi yang apat kita lakukan adalah dengan cara membiasakan makan teratur pada anak. Makann teratur di sini maksudnyayaitu mencukupi porsi makannya dengan 3X makan utama diselingi 3X makan snack yang sehat. Khusus untuk anak usia 4 tahun disarankan agar bunda mencukupi kebutuhan 1600 kalori pada si kecil.

Untuk menghindari tiga 3 masalah tadi, para bunda perlu memahami konsep "Tumpeng Gizi Seimbang" yang juga telah dikeluarkan oleh Depkes sebagai pengganti 4 sehat 5 sempurna.


Gbr. 4: Tumpeng Gizi Seimbang

Untuk mempermuah para bunda Qonita memperkenalkan Prinsip Gizi Seimbang Dengan konsep "Isi Piringku" , dimana dalam satu kali sajian makan sebaiknya terdiri atas 1/2 piring buah dan sayur, 1/2 piring (1/3 lauk pauk dan 2/3 makanan pokok).


Gbr. 5: Isi Piringku

Bukan hanya itu, bunda juga dianjurkan untuk membatasi penggunaan gula, garam dan lemak(minyak). Menurut anjuran Kementerian Kesehatan RI, penggunaan maksimal gula, garam dan minyak secara berututan adalah 4 sendok makan, 1 sendok teh dan 5 sendok makan.

Sangat penting bagi bunda untuk membiasakan si kecil mengkonsumsi makanan yang bervariasi, karenaa kandungan nutrisi yang terapat dalam suatu makanan bisa jadi tidak ditemukan dalam jenis makanan lainnya.


Gbr: Timbangan Gizi Seimbangan

Setelah membiasakan anak makan teratur dengan segala macam nutrisi yang disebutkan tadi, bunda bisa membantu pemenuhan gizi seimbang si kecil dengan memberikan susu pertumbuhan secara teratur. Karena di dalam susu pertumbuhan terdapat zat nutrisi, seperti: kalsium, protein, karbohidrat, omega 3, omega 6, zink, vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin D dan masih banyak lagi. Woowww banyak sekali kandungan dalam susu kan bunda...

Oleh karena itu sangat dianjurkan minum susu 2x sehari untuk anak usia 3 tahun ke atas, dan 3X sehari untuk anak usia 1 tahun ke atas, agar si kecil  dapat melengkapi nutrisi hariannya baik di rumah maupun di sekolah. Dan saya yakin bunda bahwa semua yang terdapat dalam susu tadi sudah ada di SGM Eksplor Complinutri. Apalagi sekarang SGM Ekplor Cimplinutri punya produk terbaru yaitu SGM Aktif, jd para bunda bisa menambahkannya pada bekal anak supaya anak tidak jajan sembarangan yang tidak sehat.



Gbr.: Susu SGM Eksplor  dan SGM Aktif

Selain hal di atas, binda juga harus membiasakan gaya hidup sehat kepada si kecil, diantaranya: cuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh makanan. Dan membuang sampah pada tempatnya.

Anak yang memiliki gizi seimbang, aktivitas fisik, dan pola hidup yang teratur dan bersih tentu menunjang terciptanya Anak Generasi Maju yang memiliki 5 potensi penting yang Cerdas Kreatif, Tumbuh tinggi dan kuat sesuai usianya, Mandiri, Percaya diri dan supel. Oleh karena itu mari kita dukung anak kita bunda untuk menjadi Anak Generasi Maju..


Gbr: Pesan Gizi Seimbang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar