Jumat, 25 September 2020

Mombassador SGM Eksplor Berikan Nutrisi Yang Tepat Untuk Anak Generasi Maju

 Assalamu'alaikum para bunda Indonesia...

Alhamdulillah ketemu lagi ya bun,.. kali ini aku mau ngebahas masalah NUTRISI ni Bun.. nah... Pasti bunda semua udah gak asing lagi dengan yang namanya nutrisi kan, namun meskipun begitu aku mau ngejelasin lagi biar lebih enak ni Bun 😀




Pengertian Nutrisi

  1. Nutrisi merupakan proses pengambilan zat-zat makanan penting (Nuwer, 2008).
  2. Nutrisi merupakan substansi organik yang dibutuhkan organisme sebagai fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan serta juga  pemeliharaan kesehatan (Wikipedia, 2008).
  3. Nutrisi berbeda dengan makanan, makanan merupakan segala sesuatu yang kita makan sedangkan untuk nutrisi ialah apa yang terkandung di dalam makanan tersebut (Uri, 2008).
Sebagai seorang bunda, kita harus memastikan nutrisi yang lengkap untuk sikecil apalagi aku ni bun sebagai seorang bunda Mombassador SGM Eksplor, karena nutrisi yang lengkap dan tepat Sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Agar sikecil menjadi Anak yang sehat, kuat dan tinggi, bunda harus memberikan asupan nutrisi yang mengandung:
  • Zat besi
Zat besi berperan dalam pembentukan sel darah merah/hemoglobin. Jika zat besi sikecil terpenuhi, maka ia akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, pertumbuhan yang baik dan resiko terjangkit penyakit lebih rendah. Sikecil yang masih balita, membutuhkan zat besi 5 kali lebih banyak dari orang dewasa. Agar zat besi sikecil terpenuhi maka bunda bisa menyajikan makanan yang mengandung daging, kacang-kacangan, buah-buahan serta sayur-sayuran gelap seperti bayam.
  • Seng/Zink 
Zink dalam tubuh berperan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Tau la bun, yang namanya anak balita yang lagi lasak-lasaknya bisa jadi ia terjatuh dan terluka, nah... Saat terjadi luka maka zink inilah yang berperan dalam penyembuhannya. Bunda bisa berikan daging, roti dan produk olahan susu. Dan Kalo masalah susu, aku selalu berikan susu SGM Eksplor untuk anak-anakku 2X sehari.


  • Lemak
Dengar kata-kata lemak, pasti para bunda nolak Luan bukan....🤣🤣🤣. Tapi buat sikecil ini juga penting lho Bun. Bagi bunda yang punya balita, lemak merupakan sumber energi terbesar untuk penyimpanan cadangan makanan. Lemak berperan penting dalam proses pembentukan otak. 
  • Vitamin
Vitamin yang dibutuhkan disini adalah vitamin D, C dan A. Bunda semua pasti udah tau kan Bun, sumber vitamin tersebut didapatkan dari apa saja??. Vitamin D berperan dalam fungsi imun, pertumbuhan dan proteksi terhadap infeksi. Sumber vitamin D terbesar adalah cahaya matahari, dan sumber matahari terbaik adalah di jam 9-10 pagi, tapi karena lagi pandemi, jangan lupa pakai masker ya Bun... Aku juga mengajarkan Alifa berjemur sejak dini. Selain berjemur bunda juga bisa berikan minyak ikan dan telur

Vitamin yang kedua adalah vitamin C. Vitamin C sangat dibutuhkan oleh sel darah putih, dan bunda pasti tau sel darah berfungsi dalam penyembuhan luka. Penyerapan zat besi yang bagi tubuh juga lebih optimal dengan vitamin C. Sumber vitamin C bisa diperoleh dari Brokoli, ubi dan jeruk.

Vitamin selanjutnya adalah vitamin A. Selain untuk mata, vitamin A juga mendukung sistem daya tahan tubuh. Sumber vitamin A adalah telur, yogurt, sayur-sayuran hijau dan buah-buahan berwarna oranye.
  • Probiotik
Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di usus besar, dan berperan baik dalam sistem imun pencernaan. Probiotik ini tumbuh secara alami dalam tubuh, namun juga bisa didapatkan dari makanan, contohnya dari produk olahan susu.
  • Prebiotik Inulin
Inulin merupakan Salah satu prebiotik berupa serat karbohidrat. Prebiotik Inulin terdapat dalam makanan buah dan sayur seperti pisang, apel dan Bawang.


Hm.. gimana ni Bun... Udah lebih ngerti kan nutrisi apa aja yang tepat untuk sikecil...
Selain itu semua,, yang harus kita tau adalah cara menyajikan dan mengolahnya juga harus sesuai standar kebersihan dan kesehatan ya Bun.. dan jangan lupa untuk selalu melengkapi nutrisi hariannya sikecil dengan segelas susu SGM Eksplor dengan Complinutri 2X sehari agar sikecil tumbuh menjadi Anak Generasi Maju Indonesia...

Untuk informasi seputar dunia anak dan bunda, bunda bisa follow media sosial nya Facebook Aku Anak SGM juga website Generasi Maju di www.generasimaju.co.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar