Sabtu, 17 Agustus 2019

PAHAMI TUBUH KEMBANG ANAK Untuk Menjadikannya Anak Generasi Maju

Bunda, dipostingan blog aku sebelumnya aku membahas tentang even Bunda Berbagi SGM Eksplor di Medan. Di situ aku menjelaskan bahwa acara tersebut diisi dengan seminar oleh bunda Eka Ervika, M. Si, Psikolog Yang isinya tentang Tumbuh kembang anak. Perkembangan anak berlangsung paling pesat pada usia 0-3 tahun. Setelah itu proses tumbuh kembang anak akan berlangsung secara kontinu, dalam hal ini bunda harus selalu memantau perkembangan anak secara berkala untuk memastikan proses nya berjalan sesuai tahapan usia anak.
Ada 5 aspek fundamental bagi tumbuh kembang anak:


Aspek Fundamental bagi Tumbuh Kembang Anak

1. Aspek Fisik
    Aspek ini meliputi bertambahnya berat badan, tinggi badan serta keterampilan motorik kasar dan motorik halus.


Tabel Berat dan tinggi badan anak usia 1-5 tahun

Perkembangan motorik sendiri adalah proses perkembangan gerak pada anak. Pada umumnya gerakan tersebut didasari oleh kematangan fisik dan syaraf pada anak. Motorik halus merupakan perkembangan gerak yang meliputi otak kecil dengan koordinasi mata, tangan. Contohnya menggambar, menulis, memotong, menyusun puzzle atau memasukkan balok sesuai bentuknya. Sedangkan motorik kasar merupakan perkembangan gerak yang meliputi keseimbangan dan koordinasi antara anggota tubuh seperti merangkak, berjalan, melompat atau berlari, dan biasanya yang berkembang pertama kali adalah motorik kasar kemudian motorik halus.


                              Melatih motorik kasar


Membuat puzzle, Merangsang motorik halus

2. Aspek Kognitif
    Aspek ini merupakan dasar bagi kemampuan anak untuk berpikir. Proses berpikir yaitu kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Aspek Kognitif berkaitan dengan semua kecerdasan, daya ingat dan daya tangkap.
Masa kanak-kanak adalah masa pertumbuhan dan perkembangan yang penting dalam kehidupan setiap manusia. Pada periode ini, anak belajar menguasai keahlian tertentu dan menghadapi tugas-tugas baru. Oleh karena itu, bunda perlu memperhatikan betul berbagai proses perkembangan yang berlangsung dalam hidup si Kecil pada periode ini; mulai dari perkembangan kognitif anak, motorik, sensorik, fisik, bahasa, dan emosionalnya.


3. Aspek Bahasa
    Aspek ini berhubungan dengan kemampuan anak dalam memberikan respon terhadap suara, berbicara, berkomunikasi, mengikuti perintah dan sebagainya. Kemampuan berbahasa sikecil tumbuh dan berkembang pesat selama masa pra sekolah. Melalui kemampuan berbahasa pula dapat dideteksi keterlambatan pada sistem lain seperti kemampuan kognitif, psikologis, emosi, dan lingkungan di sekitar anak.
Sebagai mahluk sosial, sejak bayi anak telah bisa berkomunikasi untuk menyatakan perasaan dan keinginannya, yaitu dengan tangisan, tertawa dan mengoceh yang merupakan awal dari perkembangan bahasa. Selanjutnya anak akan belajar untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa. Kemampuan bahasa selain membantu anak untuk memahami apa yang dikatakan orang-orang disekitarnya, juga untuk dapat dipahami oleh orang lain. Perasaan mampu memahami dan dipahami dapat menumbuhkan rasa percaya diri.


4. Aspeknya Emosi
    Aspek Emosi merupakan reaksi anak terhadap seseorang atau kejadian atau sesuatu, misalnya senang, marah, takut, berani, sedih dan lain-lain. Kemampuan anak untuk mengenali berbagai hal yang dirasakannya, mengekspresikan perasaan dalam bentuk yang dapat diterima oleh lingkungannya, serta kemampuan untuk mengendalikan dan mengatasi perasaannya. Kematangan emosi tidak terjadi dengan sendirinya tapi secara bertahap dan sangat membutuhkan peran serta orang tua dan lingkungan sosial.


5. Aspek Sosial
    Aspek Sosial berkaitan dengan pergaulan dan interaksi anak kepada satu sama lain di lingkungan sekitar baik hewan, manusia maupun alam. Kemampuan anak untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya, memberi respon pada orang lain dan berbagi. Pengalaman sosial anak hanya dapat tumbuh dan berkembang dari pengalamannya dengan orang-orang terdekat. Pola asuhan dan arahan orang tua sangat penting dalam perkembangan aspek sosial anak.


Aspek Sosial


Dengan selalu memahami dan memperhatikan tumbuh kembang anak anak kita, dengan cara memantau dan selalu memperhatikan aspek Fundamental bagi tumbuh kembang anak maka kita bisa mewujudkan dan menjadikan mereka Anak Generasi Maju.


Apa itu Anak Generasi Maju?

Anak generasi maju adalah anak yang memiliki 5 potensi prestasi yaitu:


a) Tumbuh tinggi dan kuat
    Yaitu tumbuh kembang sesuai dengan tahapan usia nya.
Bagaimana sih Bun agar sikecil tumbuh tinggi dan kuat?
Pada usia 1-3 tahun
  • kita harus kenalkan makanan keluarga
  • Beri stimulasi motorik
Pada usia 3-5 tahun
  • Stimulasi motorik kasar
  • Stimulasi motorik halus
b) Percaya Diri
    Yaitu yakin terhadap kemampuan dirinya.
Bagaimana agar sikecil percaya Diri?
  • Beri kesempatan sikecil mencoba, dan beri pujian
  • Beri kesempatan lebih luas
  • Tumbuhan attachmen, bunda sensitif dan responsif
  • Atur ruangan agar ramah anak

c) Cerdas Kreatif
    Yaitu cepat menangkap dan mengerti dan punya banyak ide.
Bagaimana agar sikecil Cerdas Kreatif?
  • Ajak bercakap-cakap dengan kalimat singkat namun lengkap
  • Munculkan rasa ingin tahunya
  • Beri jawaban untuk pertanyaan sikecil
  • Ajak berkreasi
  • Beri kesempatan mengenal hal hal baru
d) Mandiri
    Yaitu Dapat mengandalkan Diri sendiri.
Bagaimana agar sikecil Mandiri?
  • Beri kesempatan sikecil menjelajah lingkungannya
  • Beri kesempatan belajar merawat Diri sendiri ( mandi, bersihkan Diri, pakai baju sendir nii)
  • Beri kesempatan melayani dirinya sendiri (makan, minum dll)
  • Orang tua menebak dan meladeni kebutuhan anak dengan benar ( sensitif dan responsif )
e) Supel
    Yaitu bisa berteman dan bekerjasama, berbagi, sopan dan banyak keterampilan sosial lain.
Bagaimana agar sikecil Supel?
  • Sering saling bertatapan mata
  • Ajak main bersama
  • Tenangkan ketika takut terhadap orang lain
  • Ajak mengobrol
  • Beri kebermain dengan teman sebaya

Dengan segala usaha kita sebagai orang tua untuk selalu memperhatikan kondisi tumbuh kembang anak kita dan selalu memberikan nya asupan nutrisi yang seimbang juga memberikan nya susu SGM Eksplor 2 kali sehari, maka kita sudah membantu sikecil menjadi Anak Generasi Maju.

#GenerasiMaju
#SGMEksplor
#MombassadorSGMEksplor




1 komentar:

  1. Good,.. bisa sebagai sumber bacaan buat saya dan juga bunda lainnya.

    BalasHapus